Max Planck Institute for Brain Research

Pengenalan

Baca Keterangan Resminya

Max Planck Institute for Brain Research adalah penelitian fundamental dan lembaga pelatihan ilmiah yang berfokus pada pemahaman otak. Otak manusia adalah mesin yang sangat rumit, terdiri dari sekitar seratus miliar neuron dan triliunan koneksi, atau sinaps di antara mereka. Dari sistem semacam itu, seolah-olah secara ajaib, muncul persepsi, perilaku, dan pikiran. Otak sering digambarkan sebagai "mesin paling kompleks di alam semesta yang dikenal".

Otak adalah produk evolusi, respons organisme biologis terhadap tekanan seleksi. Akibatnya, otak memecahkan banyak masalah yang rumit, namun khusus: menemukan makanan, mengidentifikasi dan menghindari bahaya, belajar dan mengenali kerabat, belajar dari asosiasi masa lalu, memprediksi waktu dekat, berkomunikasi, dan dalam beberapa spesies, menyebarkan pengetahuan. Semua ini tampak sangat sederhana. Namun kami tahu bahwa masalah ini rumit karena upaya kami untuk menyelesaikannya dengan mesin buatan sejauh ini mengecewakan. Saat ini komputer semakin baik dalam menyelesaikan masalah perhitungan murni (misalnya catur). Tetapi mereka masih miskin dalam menyelesaikan tugas-tugas object, karakter, atau pengenalan wajah, operasi yang dilakukan oleh otak kita dengan mudah. Dan otak bekerja dengan kekuatan yang sangat kecil (sekitar 30W pada manusia). Mereka adalah kemenangan efisiensi.

Mempelajari dan memahami otak itu penting karena berbagai alasan. Pertama, itu adalah tantangan ilmiah yang menarik. Karena keragaman dan kompleksitas masalah mendasar yang kita hadapi, ilmu syaraf modern adalah keunggulan ilmu interdisipliner, yang melibatkan (antara lain) ahli biologi molekuler, ahli biokimia, ahli genetika, elektrofisiolog, etolog, psikolog, fisikawan, ilmuwan komputer, insinyur, dan matematikawan. Memahami otak membutuhkan pendekatan reduksionis serta pendekatan sintetis. Sederhananya, itu adalah tantangan yang tangguh dan menarik bagi para ilmuwan dengan hasrat untuk penelitian fundamental.

Kedua, memahami otak adalah hal yang sangat penting untuk obat-obatan. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan bahwa penyakit kejiwaan dan neurologis adalah salah satu penyebab utama kecacatan dan penyakit. Memang, pada tahun 2005, gangguan otak menyumbang 35% dari beban ekonomi semua penyakit di benua Eropa. Sementara institut kami bukanlah institusi medis, pengetahuan yang kami hasilkan (misalnya pada mekanisme perkembangan saraf, plastisitas sinaptik atau dinamika otak) adalah relevansi mendasar untuk penelitian neurologis terapan (misalnya, penyakit neurodegeneratif, gangguan kejiwaan).

Tujuan kami adalah menjadi institusi di mana beberapa ilmuwan terbaik di dunia bekerja bersama untuk memahami operasi dan fungsi sistem saraf. Fokus ilmiah kami adalah pada sirkuit, atau jaringan berinteraksi bagian-molekul dalam neuron, neuron di sirkuit lokal, sirkuit-ke-sirkuit komunikasi. Eksperimental bekerja di Institut dilakukan pada spesies hewan non-primata (misalnya, tikus dan tikus, ikan), dalam pengaturan interdisipliner, interaktif, terletak di jantung kampus ilmu alam dari Universitas Goethe di Frankfurt am Main. Tetangga terdekat dan mitra ilmiah kami adalah Departemen Biologi, Kimia dan Fisika dari Universitas Goethe, Institut Studi Lanjut Frankfurt (FIAS) dan Institut Biofisika Max Planck. Kami juga memiliki hubungan erat dengan Ilmu Kedokteran, dan Ilmu Komputer (Pusat Komputasi Ilmiah) dan Departemen Matematika dari Universitas Goethe, dan Ernst Strüngmann Institute, yang fokusnya pada Cognitive Neuroscience.

Lokasi

Frankfurt

Address
Max-von-Laue-Straße 4, 60438
Frankfurt, Hesse, Jerman

Frankfurt

Address
Deutschordenstraße 46, 60528
Frankfurt, Hesse, Jerman