Charles University Faculty of Arts
pengantar
“Sejak awal studi saya, saya berprinsip bahwa setiap kali saya menemukan pendapat yang lebih benar, saya akan segera meninggalkan pendapat saya sendiri yang kurang benar dan dengan senang hati menerima pendapat yang lebih benar, mengetahui bahwa semua yang kita tahu hanyalah sebuah bagian yang sangat kecil dari apa yang tidak kita ketahui.”
Jan Hus, filsuf dan pembaharu Gereja, alumnus Fakultas Seni Rupa
Fakultas Seni di Universitas Charles saat ini merupakan salah satu lembaga penelitian dan pendidikan terbesar dan terpenting di bidang seni dan humaniora di Eropa Tengah. Fakultas ini didirikan pada tahun 1348 oleh raja Ceko dan kemudian Kaisar Romawi Suci Charles IV yang menetapkannya sebagai salah satu dari empat fakultas universitas Praha, yang kemudian dinamai menurut namanya Universitas Charles - universitas tertua di Eropa Tengah di sebelah timur Prancis dan utara Perancis Pegunungan Alpen. Sejak itu menjadi pusat intelektual tanah Ceko: alumni Fakultas, perbuatan, dan gagasan mereka, telah membentuk masyarakat dan budaya Ceko dan pada saat-saat penting dalam sejarah Ceko, Fakultas Seni selalu berada di sangat inti dari peristiwa.
Apakah Anda tahu bahwa…
… Departemen Studi Mesir telah bekerja di Mesir selama lima puluh tahun terakhir dan telah membuat penemuan yang signifikan? Penemuan makam ratu Mesir tak dikenal di Abusir pada musim gugur 2014 terpilih sebagai salah satu dari 10 penemuan arkeologi terbesar pada 2014.
… pada tahun 2014, Profesor Tomáš Halík dianugerahi Templeton Prize yang prestisius, diberikan kepada orang-orang yang “memberikan kontribusi luar biasa untuk menegaskan dimensi spiritual kehidupan”?
… Profesor Martin Hilský menerjemahkan karya lengkap William Shakespeare ke dalam bahasa Ceko?
Sejarah
Fakultas Seni didirikan sebagai salah satu dari empat fakultas asli Universitas Charles – lembaga pendidikan tinggi tertua di Eropa Tengah – melalui penerbitan Piagam Yayasan pada 7 April 1348. Charles IV, dalam mengejar kebijakan negara dan dinastinya, berjuang untuk mendirikan Kerajaan Bohemia sebagai pusat Kekaisaran Romawi Suci. Rencananya adalah memusatkan para sarjana dari dalam dan luar negeri di Praha, yang menjadi kota tempat tinggalnya dan dengan demikian memperkuat basis kekuasaannya. Pada masa pra-Hussite, dua pertiga dari semua mahasiswa universitas adalah mahasiswa Fakultas Artistik di mana mereka memperoleh pengetahuan yang dibutuhkan untuk dapat belajar di tiga fakultas lainnya (teologi, kedokteran, hukum). Salah satu keistimewaan yang dinikmati oleh fakultas adalah hak untuk memberikan gelar master dan doktoral yang memberikan hak kepada pembawanya untuk mengajar di universitas Eropa mana pun.
Selama dua abad setelah perang Hussite, Fakultas Liberal Arts menjadi jantung dari seluruh universitas. Sejak abad ketujuh belas, itu disebut Fakultas Filsafat. Sejak awal hingga pertengahan abad ke-19, fakultas ini berfungsi sebagai fakultas yang programnya dirancang untuk menyediakan pendidikan tinggi persiapan bagi calon mahasiswa dari fakultas lain. Sejak abad kedelapan belas dan seterusnya, jumlah disiplin akademik mulai meningkat: selain filsafat, dimungkinkan untuk mempelajari estetika, matematika, astronomi, ilmu alam, teknik, ekonomi, pendidikan, dan sejarah. Pada abad kesembilan belas, selain studi oriental, arkeologi, dan studi agama, perkembangan signifikan terjadi di bidang filologi, dan gelar dalam bahasa Ceko, Italia, Prancis, Inggris, dan Ibrani diperkenalkan. Setelah reformasi tahun 1849–1850, fakultas dibebaskan dari fungsi propaedeutiknya dan memperoleh kesetaraan dengan fakultas lainnya. Pada tahun 1897, perempuan diizinkan belajar di Fakultas Filsafat.
Fakultas mempertahankan signifikansinya di tanah Ceko bahkan setelah pembagian Universitas Praha menjadi bagian Ceko dan bagian Jerman pada tahun 1882. Selama apa yang disebut Republik Cekoslowakia Pertama (1918–1938), kehidupan universitas dibentuk terutama oleh pemisahan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam pada tahun 1920 dan dengan akuisisi gedung baru di tanggul Vltava - gedung tempat Anda masih menemukan sebagian besar departemen dan ruang kuliah. Penutupan Fakultas oleh pendudukan Nazi pada tahun 1939 diikuti oleh penganiayaan brutal terhadap guru dan siswa. Tahun-tahun yang produktif dan penuh semangat setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua berakhir dengan kekerasan pada tahun 1948 dengan kudeta komunis dan empat puluh tahun berikutnya dari rezim komunis. Kepergian paksa puluhan guru berprestasi dan pengenalan mata pelajaran Marxis-Leninis mengakibatkan penurunan cepat dalam penelitian dan pengajaran. Harapan untuk perubahan sosial yang meluas di AKHIR 1960-an, yang disebut "Musim Semi Praha" di mana Fakultas mulai mengundang kembali tokoh-tokoh penting pada waktu itu, seperti filsuf Jan Patočka, dihancurkan oleh invasi Soviet pada Agustus 1968. Pada Januari 1969, Jan Palach, seorang mahasiswa Fakultas, bunuh diri dengan bakar diri sebagai protes politik. Alun-alun tempat gedung utama berada dan perpustakaan pusat Fakultas Seni menggunakan namanya. Setelah jatuhnya rezim komunis dan kepergian para pengikutnya yang dikompromikan pada tahun 1989, Fakultas sekali lagi memantapkan dirinya sebagai salah satu institusi paling bergengsi di bidang humaniora baik di Republik Ceko maupun di Eropa Tengah.
Fitur Kampus
Galeri
Penerimaan
Belajar di Fakultas Seni Rupa
Sesuai dengan sistem Bologna , Fakultas Seni saat ini menawarkan gelar sarjana (3 tahun, BA), gelar master (2 tahun, MA) dan gelar doktor (3-8 tahun, Ph.D.). Gelar-gelar ini diakui dan dihormati secara internasional, karena Universitas Charles termasuk dalam 2% universitas terbaik di dunia.
Jenis-jenis program gelar individual ditujukan untuk:
- pelamar program gelar sarjana yang telah menyelesaikan pendidikan menengah atas dan memperoleh ijazah sekolah menengah terakhir – maturita ;
- pelamar untuk program magister dua tahun berikutnya yang telah memperoleh gelar sarjana, dan
- pelamar program gelar PhD yang telah meraih gelar master.
Jika tingkat pendidikan yang dipersyaratkan telah dicapai di tempat lain selain Republik Ceko atau Slowakia, pelamar, jika diterima, harus menyerahkan dokumen yang membuktikan kesetaraan sertifikat mereka ( nostrifikasi ); tanpa bukti tersebut, pelamar tidak dapat didaftarkan.
Program-program tertentu tersedia baik sebagai mata kuliah tunggal maupun dapat dikombinasikan dengan mata kuliah kedua, sementara program-program lain hanya dapat dipelajari secara kombinasi.
Untuk sebagian besar program sarjana dan magister, mata kuliah diajarkan dan ujian dilaksanakan dalam bahasa Ceko. Meskipun demikian, semakin banyak departemen yang menawarkan mata kuliah dalam bahasa Inggris dan bahasa utama lainnya (bagi sebagian orang, ini sudah menjadi aturan selama bertahun-tahun) dan untuk program doktoral, tergantung pada mata kuliahnya, pengetahuan bahasa Ceko mungkin bukan prasyarat.
Institut Bahasa dan Studi Persiapan dan Institut Studi Ceko menawarkan banyak pilihan kursus bahasa Ceko .
Applying
Open Day diadakan di gedung Fakultas utama setiap bulan Januari, biasanya pada Sabtu kedua setiap bulan, yang memberikan kesempatan kepada para pendaftar untuk mendengar informasi lebih rinci dari perwakilan masing-masing bidang studi, baik tentang persyaratan ujian masuk, maupun tentang mata kuliah dan pilihan karier pascasarjana yang sebenarnya. Jadwal Open Day diumumkan paling lambat pada bulan Desember tahun sebelumnya.
Batas akhir penyerahan aplikasi biasanya adalah 28 Februari untuk sarjana, 31 Maret untuk program magister dua tahun berikutnya dan program gelar Doktor. Aplikasi diserahkan secara elektronik menggunakan sistem aplikasi daring Universitas . Biaya administrasi yang tidak dapat diganti dibebankan untuk aplikasi; slip tanda terima pembayaran selalu dilampirkan pada aplikasi. Dengan pengecualian permintaan pengabaian sebagian ujian masuk atau seluruh ujian, atau permintaan modifikasi ujian masuk karena kebutuhan khusus pelamar (dalam kedua kasus alasan yang baik harus ditunjukkan dan didukung oleh dokumen yang relevan), aplikasi untuk program sarjana dan magister tidak memuat dokumen terlampir lainnya. Aplikasi untuk program gelar doktor harus memuat CV terlampir, proyek disertasi termasuk bibliografi dan resume profesional (aktivitas penerbitan dan penelitian, dll.).
Admission
Ujian masuk berlangsung selama bulan Mei dan Juni; setiap pendaftar akan menerima undangan paling lambat 28 hari sebelum tanggal ujian. Ujian masuk dapat berupa ujian satu putaran (tertulis atau lisan) atau dua putaran (tertulis dan lisan); ujian masuk untuk program gelar doktor hanya satu putaran – lisan. Keputusan penerimaan atau penolakan disampaikan kepada pendaftar secara langsung melalui pos, biasanya pada akhir Juli. Informasi tentang tata tertib ujian (tanggal dan hasil ujian) juga tersedia di web.
Bersamaan dengan keputusan penerimaan , pelamar yang diterima akan menerima informasi mengenai pendaftaran.
Permohonan peninjauan kembali atas keputusan tidak diterima dapat diajukan apabila pendaftar tidak diterima. Proses peninjauan kembali akan menyelidiki apakah keputusan Dekan telah dikeluarkan sesuai dengan peraturan yang relevan; Dekan atau Rektor dapat mengubah keputusan hanya apabila keputusan dikeluarkan dengan melanggar peraturan dan ketentuan, namun tidak berlaku apabila jumlah pendaftar yang diterima tidak mencukupi untuk mendaftar pada suatu program studi.
Persyaratan masuk ditetapkan untuk setiap tahun akademik dan dapat diakses oleh publik; persyaratan tersebut menentukan cara pengajuan aplikasi, biaya administrasi, persyaratan yang harus dipenuhi untuk diterima, bidang studi yang dibuka pada tahun tertentu dan isi serta bentuk ujian masuk. Persyaratan tersebut dapat ditentukan lebih lanjut oleh ketentuan yang diumumkan oleh Dekan (organisasi dan pelaksanaan ujian masuk, pengaturan yang memungkinkan pelamar untuk melihat hasil ujian mereka, dll.).
Apabila memerlukan informasi lebih lanjut tentang tata cara penerimaan mahasiswa baru jenjang sarjana, magister, dan doktor, serta mata kuliah yang diambil dari program studi yang dipilih, silakan menghubungi petugas penerimaan mahasiswa baru atau bagian penyusun Fakultas yang menyelenggarakan mata kuliah yang bersangkutan .
Enrollment
Pelamar yang diterima dalam program studi berhak untuk mendaftar dalam tanggal yang ditentukan; pendaftaran berlangsung selama bulan September. Mahasiswa akan menerima paspor catatan studi (“indeks”) yang berfungsi sebagai bukti pengesahan yang telah lulus selama masa studi mereka; dokumen penting lainnya adalah kartu identitas mahasiswa. Setelah mendaftar, mahasiswa mendaftar secara elektronik di awal setiap semester untuk mata kuliah tertentu (lihat Sistem Informasi CU). Di akhir setiap fase program studi (tahun studi), pemenuhan kewajiban studi (poin kredit) diperiksa oleh kantor untuk studi sarjana, pascasarjana, dan doktoral; pendaftaran ke tahun kedua dan seterusnya dari program studi juga dapat dilakukan secara elektronik.
Studi dalam bidang studi sarjana dan magister individu juga dilaksanakan melalui rencana studi , yang menentukan mata kuliah wajib dan wajib dipilih untuk rencana studi yang relevan; biasanya, mata kuliah pilihan mencakup 10% dari rencana studi. Rencana studi mengalokasikan waktu pengajaran untuk mata kuliah individu dalam rencana studi (lingkup yang didedikasikan untuk mata kuliah selama masa studi), pengesahan/pengesahan dan jumlah kredit yang diberikan untuk keberhasilan kehadiran mata kuliah; itu juga dapat menetapkan persyaratan bersama, persyaratan bersama dan ketidaksesuaian mata kuliah individu yang termasuk dalam rencana studi. Dalam kasus ketika seorang mahasiswa mempelajari dua bidang studi (dua jurusan), mahasiswa mengikuti dua rencana studi (satu untuk setiap bidang); jumlah kredit dibagi secara merata antara dua bidang.
Rencana studi yang direkomendasikan untuk bidang studi tertentu menetapkan kemungkinan terbaik untuk menyelesaikan kursus, yang memungkinkan siswa menyelesaikan kursusnya dalam waktu studi standar.
Setiap semester, jadwal pengajaran ditetapkan sesuai dengan rencana studi yang disarankan dan diposting paling lambat dua minggu sebelum semester dimulai pada halaman web terkait di masing-masing bagian penyusun Fakultas yang mengajarkan disiplin ilmu masing-masing; jadwal tersebut sekarang juga tersedia dalam sistem informasi.
Mahasiswa yang belajar di bawah rezim gabungan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan mahasiswa penuh waktu. Rencana studi yang sama berlaku untuk mereka kecuali pendidikan jasmani (dalam program gelar sarjana). Sebagian besar departemen dan lembaga yang menawarkan rezim studi gabungan mengadakan pertemuan informasional di awal tahun akademik di mana mahasiswa diberi tahu tentang persyaratan, organisasi, dan cara pelaksanaan aktual dari bentuk studi gabungan.
Studi dalam program doktoral diatur oleh rencana studi individual di bawah bimbingan seorang pembimbing. Selain berisi daftar tugas studi khusus dari masing-masing mahasiswa, rencana studi individual juga menetapkan tanggal pasti di mana tugas-tugas tersebut harus dipenuhi; biasanya tidak ada jadwal pelajaran yang teratur, kecuali seminar doktoral. Program studi dipantau dan dinilai secara terus-menerus oleh dewan bidang studi; evaluasi berkala dilakukan setahun sekali, pada bulan September.
The Academic Year
Tahun akademik dibagi menjadi dua semester, musim dingin dan musim panas, diikuti oleh periode ujian selama lima minggu; Juli dan Agustus adalah bulan-bulan libur, dan periode ujian berlanjut pada bulan September. Selain pengesahan berkelanjutan, periode ujian adalah waktu ujian akhir “Negara”.
Sistem Informasi (SI)
Sistem Informasi (SI) merupakan bagian integral dari perkuliahan di Fakultas. Registrasi mata kuliah secara elektronik di Sistem Informasi Perkuliahan (SIS) wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa yang terdaftar mulai tahun 2003/2004 pada program sarjana, magister, dan doktoral, termasuk mahasiswa asing yang menempuh program pertukaran pelajar; mahasiswa menggunakan Sistem Informasi untuk mendaftar sertifikasi; mahasiswa yang terdaftar pada tahun akademik 2006/2007 dan seterusnya menggunakan SIS untuk mendaftar pada semua tahun akademik berikutnya, kecuali tahun pertama.
Graduation
Setelah lulus, mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di bidangnya secara teratur akan menerima Diploma dan Lampiran Diploma yang berisi informasi tentang program gelar dan bidang studi yang diselesaikan, termasuk kutipan dari semua mata kuliah yang telah dipelajari mahasiswa.
Scholarships
Mahasiswa internal yang masa studinya belum melampaui waktu standar yang dialokasikan untuk program gelar lebih dari satu tahun, dapat memperoleh, selama masa studinya, jenis beasiswa berikut ini:
- Beasiswa untuk hasil studi yang luar biasa;
- Beasiswa untuk satu tujuan: (i) untuk pencapaian luar biasa di bidang ilmiah, penelitian, pengembangan, olah raga, seni atau pencapaian kreatif lainnya, (ii) dalam kasus keadaan pribadi yang luar biasa, (iii) untuk mendukung studi di luar negeri atau untuk memungkinkan praktik kerja di wilayah CR, atau (iv) dalam kasus tujuan yang sangat layak;
- Beasiswa PhD diberikan secara otomatis kepada semua mahasiswa doktoral penuh waktu untuk jangka waktu tidak lebih dari 3 tahun; dibayarkan setiap bulan;
- Tunjangan akomodasi;
- Dukungan siswa.
Beasiswa tujuan tunggal harus disetujui oleh Dekan berdasarkan kesepakatan yang dicapai oleh Beasiswa Fakultas. Tunjangan akomodasi dan dukungan mahasiswa diberikan oleh Rektor berdasarkan penilaian keadaan sosial mahasiswa yang mendaftar.
Upacara Immatrikulasi dan Wisuda
Tradisi immatrikulasi dan upacara wisuda merupakan salah satu ritual transisi yang telah berlangsung selama berabad-abad yang dilaksanakan oleh Universitas Charles. Immatrikulasi merupakan acara khidmat di mana mahasiswa dimasukkan ke dalam daftar Fakultas (“immatrikulasi”) untuk mengambil sumpah ketaatan terhadap kewajiban belajar dan komitmen etis terhadap sekolah, peraturannya, dan keputusan para petinggi akademisnya. Immatrikulasi biasanya berlangsung pada bulan Oktober dan ditujukan hanya untuk mahasiswa.
Wisuda adalah upacara perpisahan khidmat yang dipersembahkan kepada para lulusan yang telah berhasil menyelesaikan studi mereka; para lulusan mengucapkan sumpah akademis dalam bahasa Latin dan menerima ijazah yang memberi mereka hak untuk menggunakan gelar akademis yang relevan; ijazah diberikan oleh Dekan atau salah satu Wakil Dekan. Tidak seperti immatrikulasi, upacara wisuda dihadiri oleh keluarga dan teman-teman dan berlangsung tiga kali setahun (setelah tanggal ujian akhir); upacara PhD berlangsung dua kali setahun, pada bulan Maret dan Oktober.
Kedua upacara tersebut biasanya diadakan di Aula Besar Carolinum (kecuali wisuda sarjana yang diadakan di aula Fakultas Matematika dan Fisika di Alun-alun Kecil [Malostranské náměstí]); lambang universitas dan fakultas – tongkat pemukul dan rantai jabatan – serta toga upacara dikenakan oleh para pejabat akademis yang hadir.