Doktor dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi

Umum

Deskripsi Program

Doktor dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi yang ditawarkan oleh Pontificia Universidad Javeriana adalah platform penelitian tingkat lanjut, yang bersifat inter dan transdisipliner, pada pertemuan komunikasi, bahasa, dan informasi.

Tiga bidang pekerjaan memberi makan program: Komunikasi, Bahasa dan Antarbudaya; Informasi, Teknologi dan Masyarakat dan Studi Sosiohistoris Media, Komunikasi dan Bahasa.

Ini membahas masalah kompleksitas besar dan relevansi sosial, yang melatarbelakangi masyarakat yang sangat dimediasi oleh teknologi dan pengikatan mendalam komunikasi, bahasa dan informasi dengan keanekaragaman budaya, dari perspektif kritis dan historis. Ini menawarkan pelatihan yang solid dan beragam dalam metodologi penelitian kontemporer dalam ilmu sosial. Ini merenungkan modalitas tesis doktor dalam penyelidikan-penciptaan.

Informasi umum

  • Gelar yang diberikan: Dokter dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi.
  • Modalitas: Secara langsung.
  • SNIES: 107417
  • Durasi perkiraan: Delapan (8) semester.
  • Resolusi registri yang memenuhi syarat: 013615 tanggal 15 Agustus 2018, berlaku hingga 15 Agustus 2025
  • Biaya pendaftaran: $ 14.690.000 / Semester *
  • Jenis pelatihan: Pascasarjana
  • Tempat ditawarkan: Bogotá DC

* Nilai registrasi sesuai dengan biaya per periode yang ditetapkan untuk tahun 2019.

kurikulum

Doktor dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi berusaha untuk mempromosikan dan memperkuat penelitian dan semangat ilmiah para siswa, mendorong otonomi proaktif dan kebebasan akademik mereka. Ini terkait erat dengan proses fleksibilitas kurikuler berbasis luas serta pelatihan metodologis yang sangat solid dan beragam, berguna bagi para peneliti yang ingin membangun pengetahuan inovatif yang mengintegrasikan perkembangan dan kemungkinan humaniora digital dari perspektif kritis, terletak dan reflektif.

Ini adalah bagaimana mahasiswa PhD akan memiliki kesempatan untuk mengambil bagian dalam kursus lanjutan dalam metode penelitian dalam Ilmu Sosial, dengan perhatian khusus pada metode yang muncul berdasarkan kemampuan komputasi yang memungkinkan analisis volume besar informasi, jaringan yang kompleks, produksi tipe multimodal, bahasa manusia (pemrosesan bahasa alami) dan mewakili informasi dan pengetahuan dengan cara-cara baru.

Untuk mencapai pelatihan ini, struktur kurikulum disusun dalam dua siklus akademis berturut-turut dan tiga komponen: penelitian, landasan dan metodologis, di sekitar poros yang terutama mengutamakan pelatihan penelitian. Kurikulum ini ditetapkan dalam periode akademik 18 minggu dengan total 94 kredit akademik.

Siklus I

Ini mencakup dua tahun studi pertama (empat semester). Dalam hal ini komponen investigasi, fondasi dan metodologi dikembangkan, dan berpuncak dengan pemeriksaan pencalonan tahun kedua, persyaratan yang harus disetujui untuk melakukan transit ke siklus berikutnya.

Siklus II

Ini mencakup dua tahun studi terakhir (empat semester) dan berfokus terutama pada pengembangan proyek penelitian. Di dalamnya, penelitian tinggal juga dilakukan. Berujung dengan Pertahanan tesis doktoral.

Program ini dikembangkan dalam empat (4) tahun, dapat diperpanjang maksimum untuk satu tahun di bawah pertimbangan Komite Akademik Doktor yang juga diajarkan dalam mode penuh waktu, dan di siang hari dari Senin hingga Jumat.

pemohon Profil

Program Doktor dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi ditujukan untuk lulusan gelar master dalam komunikasi, studi bahasa, informasi, ilmu sosial dan manusia, seni, desain dan program yang berorientasi pada komunikasi, informasi dan sistem informasi.

Mengingat sifat interdisipliner dan transdisipliner dari Doktor, penerimaan calon dari disiplin ilmu lain yang proyeknya mengeksplorasi masalah penelitian yang muncul dalam bidang kerja program juga akan dipertimbangkan.

profil lulusan

Lulusan kami adalah peneliti tingkat tinggi yang menangani masalah yang berkaitan dengan penguasaan studi Komunikasi, Bahasa, dan Informasi dari pendekatan yang berupaya memadukan disiplin dan metodologi untuk penjelasan, pemahaman komprehensif, dan kontribusi terhadap solusi. fenomena komunikasi bermasalah dan relevan dari realitas lokal, nasional dan internasional.

Dokter dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi memiliki kapasitas praktis, investigatif dan teoritis untuk pengelolaan informasi, analisis, dan sintesis dari berbagai sumber, berdasarkan pada kekakuan ilmiah, otonomi intelektual, dan etika. Mereka adalah para profesional dengan keterampilan untuk memediasi antara pengetahuan, pengetahuan, praktik dan minat para aktor dari konteks sosial Amerika Latin yang beragam, dari perspektif lintas budaya yang kritis. Pelatihan mereka memungkinkan mereka untuk berpartisipasi, bekerja dan memimpin kelompok penelitian antar dan transdisipliner dengan kriteria ketelitian metodologis, transparansi dan kemauan untuk berdialog dengan pengetahuan, dengan asumsi implikasi sosial, politik, etika dan kelembagaan dari penelitian mereka. Demikian juga, mereka memiliki kompetensi untuk melakukan pembacaan realitas dengan menangkapnya melalui upaya untuk memahaminya dalam dimensi konstitutif yang berbeda (manusia, epistemik, sejarah dan budaya, antara lain) dan untuk merumuskan pertanyaan penelitian baru darinya.

Lulusan Doktor dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi dapat melakukan sebagai:

  • Peneliti proses komunikasi dalam tim interdisipliner entitas pemerintah dan non-pemerintah.
  • Para peneliti di institusi pendidikan tinggi, yang didedikasikan untuk studi masalah kompleks di bidang Ilmu Sosial dan Manusia dan dalam bidang terkait lainnya yang berkontribusi, dari pendekatan interdisipliner, hingga penyelesaian masalah komunikasi, bahasa dan informasi.
  • Konsultan dan penasihat untuk pengembangan proyek yang berkaitan dengan masalah yang relevan dengan Komunikasi, Bahasa dan Informasi baik secara nasional maupun internasional.
  • Konsultan dan penasihat dalam proses perumusan kebijakan publik di bidang kompetensi komunikasi, bahasa dan informasi.
  • Mediator budaya yang membangun jembatan antara berbagai aktor dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat dan masyarakat mereka secara umum.

Mengapa mereka memilih kita?

Doktor dalam Komunikasi, Bahasa dan Informasi mencari produksi pengetahuan inovatif dan relevan secara sosial melalui pendidikan keunggulan. Untuk melakukan itu, ia melatih para peneliti dengan kapasitas untuk memperluas dan menerapkan pengetahuan ilmiah dari perspektif reflektif, kritis dan etis, untuk diagnosis, deskripsi mendalam, teorisasi, penjelasan dan kemungkinan solusi masalah sosial, politik dan budaya dari konteks Kolombia dan Amerika Latin tempat Komunikasi, Bahasa, dan Informasi menempati tempat sentral. Dengan demikian, Doktor mengeksplorasi secara mendalam debat dan masalah terbaru dari tiga bidang inkuiri, menghasilkan pengetahuan, menyatukan mahasiswa dan profesor dengan pengalaman yang dikonfirmasi dalam penelitian, dan mempromosikan proyek-proyek tesis yang melampaui pendekatan, metodologi konvensional:

Komunikasi, bahasa, dan antarbudaya: ia mengeksplorasi kompleksitas proses komunikasi dalam lingkungan keragaman dan perbedaan budaya yang dalam dari dimensi transversal, seperti mediasi sosial, ingatan, narasi beragam dan representasi media, beragam praktik produksi harian, sirkulasi dan negosiasi makna, bahasa, ontologi, budaya, pengetahuan ahli dan bahasa setempat, aktor kolektif dan kebijakan komunikasi publik.

Informasi, teknologi dan masyarakat: menganggap pusat studi teknologi untuk analisis media, komunikasi dan masyarakat kontemporer secara umum dan berfokus, antara lain, pada dinamika dan masalah yang organisasi sosial dan komunikasi yang dimediasi secara komputasi, propitiate di berbagai tingkatan (politik, ekonomi dan sosial-budaya).

Studi sosio-historis media dan komunikasi dan bahasa: ia mengeksplorasi proses komunikasi, bahasa, dan teknologi informasi dari perspektif historis-kritisnya dan mempromosikan apa yang disebut "arkeologi media", sebuah bidang studi yang produktif yang mempermasalahkan kisah teleologis tentang teknologi dan konsep kebaruan terkait dengan yang terakhir, menelusuri dari asal-usul teknologi media, keabadian yang lama dalam yang baru dan berbagai artikulasi antara masa lalu, sekarang dan masa depan, yang terjalin begitu banyak tingkat dukungan materi, seperti bahasa dan sensitivitas yang dimobilisasi ini.

Perbedaan kami

  • Pelatihan metodologis yang solid dan beragam
    Melalui kursus lanjutan dalam metode penelitian dalam ilmu sosial, dengan perhatian khusus pada metode yang muncul, yang didasarkan pada kemampuan komputasi yang memungkinkan analisis volume besar informasi, jaringan yang kompleks, produksi multimodal, bahasa manusia (pemrosesan bahasa alami) dan mewakili informasi dan pengetahuan dengan cara baru.
  • Dialog konstan dan mendalam dengan sekolah-sekolah lain dan tradisi komunikasi, studi bahasa, ilmu informasi dan lebih luas ilmu-ilmu sosial dari selatan global, serta tren yang bersarang di Amerika Utara dan Eropa.
  • Dengan menaruh minat pada keanekaragaman, antar budaya, transmedia, perangkat lunak dan pemrosesan informasi dan potensinya untuk mengembangkan model dan simulasi, Doktor mengusulkan agar karya tesis ini dapat melampaui teks tertulis tradisional dan terbuka untuk penelitian- ciptaan.
  • Kontras dari perspektif dan penelitian komparatif dan kolaboratif memperkuat bidang di mana Doktor berkomitmen dan yang terkait dengan struktur pelatihan yang fleksibel di mana kepentingan pelatihan siswa ditangani.
  • Dialog konstan dan mendalam dengan sekolah-sekolah lain dan tradisi komunikasi , studi bahasa, ilmu informasi dan lebih luas ilmu sosial dari selatan global, serta tren yang bersarang di Amerika Utara dan Eropa.
  • Mengikuti jejak tradisi Amerika Latin yang solid dan sudah meluas di bidang komunikasi, Doktor mengeksplorasi praktik sehari-hari, wacana, bahasa, dan interaksi di luar media dan memahami dan mempelajarinya sebagai elemen manifestasi dan unsur dari proses sosial yang lebih luas dan kompleks, juga mengasumsikan pendekatan antar dan transdisipliner dengan pluralitas teoretis dan metodologis .

Admissions

Proses penerimaan Universitas didasarkan pada tiga kelompok kriteria: Sikap, Keterampilan dan / atau Pengetahuan. Dari masing-masing kandidat akan dievaluasi melalui kegiatan yang ditetapkan oleh program, seperti: wawancara, tes khusus, antara lain (tergantung pada masing-masing program). Pemohon memulai proses pendaftaran ke program melalui formulir pendaftaran

Dalam tabel berikut, Anda akan melihat nilai spesifik untuk setiap grup kriteria dan aktivitas spesifiknya:

112508_Admision06.png

* Dalam kegiatan yang disebut ujian, Anda dapat memilih salah satu ujian terkait.

Setiap kelompok kriteria Sikap, Keterampilan dan Pengetahuan akan memiliki kegiatan spesifik untuk dievaluasi dan kegiatan ini pada gilirannya akan memiliki nilai tertentu. Ingatlah bahwa suatu kegiatan dapat muncul berulang dalam kriteria yang berbeda, tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus mengulanginya untuk masing-masing. Dalam kriteria Pengetahuan Anda dapat menemukan beberapa ujian, yang dapat Anda pilih untuk proses penerimaan Anda.

Terakhir diperbarui Apr. 2019

Tentang Sekolah

Founded by the Society of Jesus in 1623, it is a Catholic university, recognized by the Colombian government, which aims to serve the human community, especially Colombia, seeking to establish a more ... Baca terus

Founded by the Society of Jesus in 1623, it is a Catholic university, recognized by the Colombian government, which aims to serve the human community, especially Colombia, seeking to establish a more civilized, more educated and juster society, inspired by Gospel values. Baca Lebih Sedikit
Bogotá , Bogotá + 1 Lebih Kurang